Jumat, 01 November 2013

TEKNOLOGI PEMROSESAN TERBARU HUMA UNTUK PROSESSOR DARI AMD YG DI CLAIM LEBIH BAIK DARI TEKNOLOGI PROSESOR SAAT INI

Jika Anda adalah seorang yang sering bermain di dunia IT dan komputer, tentu saja Anda sudah tidak asing lagi dengan perusahaan setenar AMD. Perusahaan yang berbasis di Sunnyvale, California, Amerika Serikat ini sedang gencarnya mengerjakan proyek yang akan mengubah teknologi komputer masa depan menjadi sesuatu yang benar-benar berbeda dari sebelumnya.
Teknologi yang menjadi proyek besar dari perusahaan yang banyak bermain di dunia prosesor ini adalah teknologi hUMA. Adapun telepon konferens yang dilakukan oleh pihak AMD sudah dilakukan untuk mempresentasikan keunggulan dari aplikasi proyek super tersebut.
hUMA sendiri adalah singkatan dari Heterogenous Uniform Memory Access. Teknologi ini sendiri memiliki hubungan yang erat dengan rancangan teknologi HSA (Heterogenous System Architecture.) Adapun beragam pihak menyatakan bahwa penggunaan teknologi hUMA sendiri nantinya akan menggeser prosesor quad-core yang sudah digunakan sangat luas hingga saat ini.
Konsep Dasar Teknologi hUMA
Sebelum menapak lebih lanjut ke konsep basis dari hUMA, ada baiknya kita mengerti apakah HSA. HSA adalah sebuah arsitektur dari otak komputasi (secara konvensional berarti otak prosesor) yang menggabungkan CPU dengan GPU, beserta dengan prosesor lainnya, agar bekerja dengan harmonis. Dengan arsitektur HSA inilah nantinya yang akandiintegrasikan dengan APU (Accelerated Processing Unit.)
Teknologi hUMA sendiri adalah paduan HSA dan APU, membuatnya bekerja lebih efisien dan jauh lebih baik dibanding dengan prosesor yang digunakan saat ini. Ketika APU masih memisahkan antara memori yang digunakan oleh CPU dan GPU, teknologi hUMA akan menggabungkan kedua memori CPU dan GPU agar dapat dialokasikan lebih merata oleh kedua prosesor tersebut sesuai dengan kebutuhannya


Mengapa Teknologi hUMA?
Menilik perkembangan komputer sejak satu dekade lalu, inovasi di segmen prosesor memang paling banyak dilakukan. Evolusi di dalam HSA akan mampu membuat keseimbangan yang baik di antara performa GPU dan CPU. Sebelumnya, terlihat sekali bahwa kemampuan komputasi GPU sangat superior, hingga sepuluh kali lipat performa yang ditunjukan oleh CPU

Hal ini membuat pemetaan yang tidak merata antara kinerja GPU dan CPU yang membuatnya tidak cukup efisien. Fitur esensial dari teknologi hUMA nantinya akan mengubah hal ini agar menjadi lebih baik.
Perkenalan yang dilakukan oleh AMD akan teknologi hUMA tidaklah dilakukan setengah-setengah. AMD menjabarkan secara detil bagaimana fitur spesial yang ditanamkan pada teknologi masa depan dunia prosesor ini menjadi lebih superior dibanding teknologi prosesor terkini, prosesor quad-core. Di artikel Teknologi hUMA – HSA Bagian I –Mengenal Konsep Dasar Teknologi hUMA kita sudah diperkenalkan dengan definisi dan konsep dasar teknologi terbaru tersebut, ada baiknya Anda membaca dahulu artikel tersebut agar mendapatkan clue guna pemahaman yang lebih baik sebelum kita lanjutkan ke topik yang lebih berat.
Banyak ahli pun setuju bahwa hUMA akan menggeser peran prosesor multi-core yang sebelumnya juga melakukan kudeta pada peran yang dimainkan prosesor single maupun dual-core. Fitur spesial apakah yang ditawarkan oleh teknologi hUMA sehingga mendapatkan rating sedemikian tinggi itu?
Memori Dua Arah yang Terkoordinasi
Dengan memori dua arah yang saling bertautan, maka segala jenis proses komputasi yang dilakukan oleh salah satu prosesor (entah itu GPU maupun CPU) akan segera diketahui oleh prosesor lainnya. Hal ini membuat kedua prosesor dapat menangkap segala jenis elemen yang dikomputasi “rekannya” secara up-to-date yang sistematis.
Keberadaan sistem yang saling bertautan ini membuat kedua prosesor dapat bekerja secara dinamis untuk menyelesaikan komputasi secara efisien. Tidak ada lagi saling menunggu tugas ketika melakukan komputasinya.

Memori yang Terpetakan Bagi GPU
Memori yang dikenal oleh prosesor dibagi menjadi dua, memori fisik dan virtual. Sebelumnya, GPU hanya dapat mengakses memori fisik yang diproses dari memori virtual. Memori virtual sendiri memang nantinya akan ditampilkan pada memori fisik melalui komputasi oleh CPU.
Dengan memori virtual yang terpetakan bagi GPU, nantinya GPU pun dapat mengakses memori virtual, walaupun belum ter-interpretasi pada memori fisik. Dengan demikian, GPU tidak lagi dibatasi dengan akses pada memori fisik yang mengunci info dari memori virtual.
Sharing Kapasitas Memori
Kapasitas memori yang cukup besar tersedia pada memori virtual. Tanpa kehadiran hUMA, GPU tidak dapat mengakses memori virtual. Namun, dengan kehadiran hUMA, kini tidak ada lagi batas yang membuat kinerja kedua prosesor tersebut dilimit. Dengan demikian, kedua prosesor ini dapat mengakses secara keseluruhan kapasitas memori yang tersedia pada sistem. Hal ini membuat kapasitas kerja kedua prosesor juga bertambah.

Tiga fitur kunci tersebut menawarkan proses kerja komputasi yang saling terintegrasi antara GPU dan CPU. Dengan tiga fitur inilah nantinya sistem kerja komputasi pada prosesor akan berubah drastis.

Penggunaan teknologi hUMA memang menawarkan beragam manfaat yang akan mengubah dunia komputer masa depan. Manfaat yang dijanjikan oleh teknologi ini akan dibahas di rubrik berikutnya. Sebelum kita menjamah keuntungan penggunaan teknologi hUMA tersebut, ada baiknya jika kita membandingkan sistem kerja dengan dan tanpa teknologi hUMA ini.
Di prosesor multi core yang digunakan luas saat ini, memang prosesor tersebut sudah menjamin kinerja yang cukup apik. Namun, pertanyaan yang muncul adalah, sampai kapan prosesor ini mampu menawarkan performa yang mencukupi kebutuhan komputasi orang, dimana seiring dengan waktu semakin meningkat.
Mari kita bandingkan proses komputasi sekarang dengan masa depan.
Sistem Kerja Prosesor Tanpa hUMA
Ketika CPU merancang struktur data yang akan dikomputasi lebih lanjut, struktur tersebut dibentuk pada memori CPU. Karena pemisahan memori antara CPU dan GPU, GPU tidak dapat mengakses secara langsung struktur data yang dirancang pada memori CPU untuk dikomputasi. Dengan demikian, kedua prosesor akan bekerja secara parallel.
Setelah struktur data selesai, maka proses kopi dari memori CPU ke bidang memori GPU dilakukan. Setelah memori GPU menerima struktur data tersebut, maka proses komputasi lebih lanjut kemudian dijalankan. Adapun hasil dari komputasi tersebut nantinya akan keluar dan disimpan pada memori GPU, dikarenakan CPU sendiri tidak dapat mengakses memori yang bersangkutan. Untuk itu, proses pemindahan hasil komputasi pun harus dilakukan kembali ke memori CPU.
Sistem Kerja Prosesor Dengan hUMA
Dengan menggunakan teknologi hUMA, prosesor CPU dan GPU akan mendapatkan ruang memori yang sama.Keduanya akan bekerja secara koherensif dan saling bertautan. Hal ini dapat terjadi berkat kehadiran pointer. Pointer adalah sebuah data yang menyimpan lokasi struktur pada memori.
Kehadiran pointer membuat prosesor CPU tinggal menunjukkan posisi struktur yang dikomputasi pada kapasitas memori yang dishare dengan GPUGPU lalu melakukan komputasi, dan hasilnya pun dapat langsung dibaca oleh CPU. Keseluruhan proses komputasi dilakukan tanpa pemindahan struktur data. Hanya dengan membandingkan panjangnya dan waktu yang diperlukan untuk membaca penjelasan sistem kerja tanpa dan dengan hUMA, kita sudah mengetahui betapa efisiennya kinerja yang ditawarkan oleh teknologi ini.

Teknologi hUMA  Manfaat hUMA Untuk Programmer & Konsumen


Sistem kerja yang jauh lebih efisien dipastikan akan memanjakan umat manusia di dunia komputer.

AMD, perusahaan yang mempresentasikan proyek hUMA, sangat optimis dengan pangsa pasar potensial yang akan menggunakan teknologi ini. Adapun penggunaan prosesor hUMA sendiri dikatakan sudah mulai diaplikasikan pada sistem konsol permainan PlayStation4. Tidak hanya pada konsol game saja, teknologi hUMA menawarkan proses kerja yang lebih baik pada komputer, tablet, server, dan beragam produk elektronik berbasis komputer lainnya.
Manfaat Aplikasi hUMA Bagi Developer dan Programmer
Penggunaan teknologi hUMA sendiri akan memberikan benefit sangat besar, selain pada programmer tentu saja pada para penggunanya nanti. Jika kita tilik dari sisi programmer, hUMA membuat sistem komputasi yang lebih ringan dan mudah.
Dengan memperhatikan hal ini, pengembangan program akan menjadi lebih mudah dan simple. Dengan sistem komputasi berbasis hUMA nantinya beragam bahasa programming yang banyak digunakan pada umumnya, seperti C++ maupun Java, pun sudah dapat didukung dengan sangat baik.
Dengan komputasi program yang lebih simple dan mudah, tentu saja modal awal untuk mengembangkan menjadi lebih dapat ditekan. Efisiensi pada arsitektur prosesor ini membuat hanya sedikit orang saja yang harus melakukan kerjaan yang bersifat sama maupun repetitif.
Manfaat Aplikasi hUMA Bagi Konsumen
Jika Anda berpikir bahwa teknologi hUMA hanya akan memudahkan kerja para programmer dan developer, sepertinya Anda salah besar. Teknologi hUMA yang diaplikasikan nantinya pada beragam consumers’ goods juga akan memberikan benefit yang malah jauh lebih besar bagi para konsumen.
Jika kita lihat, proses komputasi yang lebih efisien tentu akan memberikan performa yang lebih tinggi pada beragam gadget dan device yang digunakan. Segala hal berkaitan dengan proses akan menjadi lebih singkat dan cepat. Hal ini membuat para pengguna dapat melakukan aktivitas komputasi sehari-hari dengan sangat efektif.
Tentu saja efisiensi proses kerja dari hUMA juga membuat konsumsi energi yang diperlukan juga lebih sedikit. Dengan performa yang serupa dengan prosesor konvensional saat ini, hUMA hanya memerlukan kurang dari setengah energi pada baterai yang digunakan oleh gadget nantinya.
Dengan benefit yang dijanjikan oleh teknologi hUMA ini, tentu saja kita sudah tidak sabar dengan penggunaannya yang lebih luas lagi di masa depan. Bersiaplah untuk mengucapkan selamat tinggal kepada sistem prosesor dengan multi-core saat ini, dan sambutlah segera kehadiran hUMA yang akan segera mengubah seisi jagad dunia komputer.
SUMBER : 
 October 22, 2013 http://www.amd-id.com

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar :

Posting Komentar

pcservicee.blogspot.com ganti nama menjadi surach-web.blogspot.com
bila anda senang dengan artikel ini... tingalkan komentar ea,,,, :)