Rabu, 30 Oktober 2013

JENIS-JENIS VIRUS YANG UMUM DI TEMUI & CARA MENGATASI


mungki temen" semua sudah  tau apa itu virus  jadi kali ini saya share bagi yang belum tau jenis" virus  walaupun tidak semua jenis virus ada namun bisa untuk menyegarkan pengethuan tentang virus,,,,
ok gak perlu berpanjang lebar lagi langsung saja  ,,,,,,,,,,,,,,,,,,, sss


Virus Boot Sector, Virus Boot sector ini sudah umum sekali menyebar. Virus ini dalam menggandakan dirinya, akan memindahkan atau menggantikan boot sector asli dengan program booting virus. Sehingga saat terjadi booting maka virus akan diload ke memori dan selanjutnya virus akan mempunyai kemampuan mengendalikan hardware standar (contoh : monitor, printer dsb) dan dari memori ini pula virus akan menyebar ke seluruh drive yang ada dan yang terhubung ke komputer

Multi Partition Virus, Virus ini merupakan gabungan dari virus boot sector dan virus file. Artinya pekerjaan yang dilakukan berakibat dua, yaitu dia dapat menginfeksi file-file *.EXE atau *.COM dan juga menginfeksi boot sector.

Virus File/Program, Virus ini menginfeksi file-file yang dapat dieksekusi langsung dari sistem operasi, baik itu file *.EXE, maupun *.COM biasanya juga hasil infeksi dari virus ini dapat diketahui dengan berubahnya ukuran file yang diserangnya

Polymorphic Virus, Virus ini Dirancang buat mengecoh program antivirus, artinya virus ini selalu berusaha agar tidak dikenali oleh antivirus dengan cara selalu merubah rubah strukturnya setiap kali selesai menginfeksi file/program lain.

Stealth Virus, Virus ini akan menguasai tabel interrupt pada DOS yang sering kita kenal dengan “Interrupt interceptor”. Virus ini berkemampuan untuk mengendalikan instruksi-instruksi level DOS dan biasanya mereka tersembunyi sesuai namanya baik secara penuh ataupun ukurannya.

Virus Makro, Jenis virus ini pasti sudah sangat sering kita dengar. Virus ini ditulis dengan bahasa pemrograman dari suatu aplikasi bukan dengan bahasa pemrograman dari suatu Operating System. Virus ini dapat berjalan apabila aplikasi pembentuknya dapat berjalan dengan baik. Sebagai contoh jika pada komputer mac dijalankan aplikasi Word, maka virus makro yang dibuat dari bahasa makro Word dapat bekerja pada komputer bersistem operasi Mac ini.
Dan virus dapat menyebar ke berbagai komputer/mesin lainnya juga melalui berbagai media, diantaranya:
Media Storage R/W
Media penyimpanan eksternal dapat menjadi sasaran empuk bagi virus untuk dijadikan media. Baik sebagai tempat menetap ataupun sebagai media penyebarannya. Media yang biasa melakukan operasi R/W (Readdan Write) sangat memungkinkan untuk ditumpangi virus dan dijadikan sebagai media penyebaran.

Jaringan ( LAN, WAN,dsb)
Hubungan antara beberapa computer secara langsung sangat memungkinkan suatu virus ikut berpindah saat terjadi pertukaran/pengeksekusian file yang mengandung virus.
WWW (internet)
 Sangat mungkin suatu situs sengaja ditanamkan suatu “virus” yang akan menginfeksi komputer-komputer yang mengaksesnya
.
Software Gratis
Software yang Freeware, Shareware atau bahkan Bajakan Banyak sekali virus yang sengaja ditanamkan dalam suatu program yang disebarluaskan baik secara gratis, atau trial version

 Attachment pada email, transfering file
Hampir semua jenis penyebaran virus akhir-akhir ini menggunakan email attachment dikarenakan semua pemakai jasa internet pastilah menggunakan email untuk berkomunikasi, file-file ini sengaja dibuat mencolok/menarik perhatian, bahkan seringkali memiliki ekstensi ganda pada penamaan filenya.
Dan terakhir saya jelaskan Cara Menaggulanginya :
1)      Untuk Pencegahan
·         Gunakan antivirus yang anda percayai dengan update terbaru. BIT DEFENDER,KASVERSKY AVAS ATAU YANG LAIN asalkan selalu diupdate,  dan auto-protect dinyalakan maka komputer anda terlindungi.
·         Selalu scanning semua media penyimpanan eksternal yang akan digunakan, mungkin hal ini agak merepotkan tetapi jika auto-protect antivirus anda bekerja maka prosedur ini dapat dilewatkan.
·         Jika anda terhubung langsung ke Internet cobalah untuk mengkombinasikan antivirus anda dengan Firewall, Anti-spamming, dsb.
·         Selalu waspada terhadap fle-file yang mencurigakan, contoh : file dengan 2 buah exstension atau file executable yang terlihat mencurigakan.
·         Untuk software freeware + shareware, ada baiknya anda mengambilnya dari situs resminya.
·         Semampunya hindari membeli barang bajakan, gunakan software-software open source.
 JIKA yang suka mengetik file" ber extension .docx atau yang pasti file MS office,,  jangan lupa slalu jadi kan RAR. file anda agar tidak hilang dengan winRAR , tau winzip . karena sudah banyak sekali firus yang suka menghapus /menyembunyikan file" dari office,,  

2)      Apabila terinfeksi
·         Deteksi dan tentukan dimanakah kira-kira sumber virus tersebut apakah di Flaskdisk, jaringan, email dsb. Jika anda terhubung ke jaringan maka ada baiknya anda mengisolasi komputer anda dulu (baik dengan melepas kabel atau mendisable sambungan internet dari control panel)
·         Identifikasi dan klasifikasikan jenis virus apa yang menyerang pc anda, dengan cara:
·          Misal Gejala yang timbul, : pesan, file yang corrupt atau hilang dsb
·         Scan dengan antivirus anda, jika anda terkena saat auto-protect berjalan berarti virus definition di dalam komputer anda tidak memiliki data virus ini, cobalah update secara manual atau mendownload virus definitionnya untuk kemudian anda install. Jika virus tersebut memblok usaha anda untuk mengupdate, maka upayakan untuk menggunakan media lain (komputer) dengan antivirus yang memiliki update terbaru.
·         Bersihkan virus tersebut. Setelah anda berhasil mendeteksi dan mengenalinya maka usahakan segera untuk mencari removal atau cara-cara untuk memusnahkannya di situs-situs yang memberikan informasi perkembangan virus tersebut. Hal ini perlu dilakukan apabila antivirus dengan update terbaru anda tidak berhasil memusnahkannya. 
·        COBA INSTAL ANTIVIRUS BITDEFENDER ATAU KASVERSKY UNTUK MENDETEKSI VIRUS YANG MENGINFEKSI,, KALAU FILE OFFICE yang ter infeksi istal smandav agar file yang di hiden bisa terlihat,,,
jika cara ini tidak bisa makan download bitdevender rescue cd di sini  dan barning di cd untuk secan virus mode boot dari dos

semoga bermanfaat


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar :

Posting Komentar

pcservicee.blogspot.com ganti nama menjadi surach-web.blogspot.com
bila anda senang dengan artikel ini... tingalkan komentar ea,,,, :)